6 Tips Mencegah Kerusakan Ginjal

obat-untuk-memperbanyak-sperma

Berikut adalah 6 tips yang bisa dilakukan untuk mencegah dan memperlambat kerusakan ginjal:

1. Kontrol glukosa darah

Kontrol gula darah, merupakan hal utama, terutama untuk pasien diabetes. Ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam manajemen gula darah, seperti pola makan dan aktivitas fisik disamping pengobatan yang adekuat.

2. Kontrol tekanan darah

Mengontrol tekanan darah merupakan faktor yang tak kalah penting. Tekanan darah sistolik dipertahankan di bawa 130 mmHg dan dibawah 80 mmHg untuk tekanan diastolik.

3. Lakukan Diet asupan protein

Pada penderita diabetes dan gagal ginjal, konsumsi protein yang berlebihan akan berbahaya. Para ahli merekomendasikan penderita gagal ginjal harus mengkonsumsi protein sesuai dengan diet yang direkomendasikan dan sebaiknya menghindari diet tinggi protein.

Untuk orang dengan fungsi ginjal yang sudah sangat berkurang, diet rendah protein dapat membantu menunda gagal ginjal. Namun, siapapun yang melakukan diet rendah protein harus berkonsultasi dengan ahli gizi untuk memastikan nutrisi yang cukup.

4. Hindari obat-obatan yang bersifat merusak ginjal

Demi menjaga kesehatan ginjal, hindari penggunaan obat antinyeri yang tergolong nonsteroidal antiinflammatory drugs (NSAIDs) secara serampangan. Terutama jika digunakan bersama penghambat ACE. Hati-hati dalam mengonsumsi aspirin.

5. Kontrol kadar kolesterol

Kontrol kolesterol, merupakan hal yang tak dapat diabaikan. Bagi penyandang diabetes, nilai LDL kolesterol dijaga di bawah 70 mg/dL.

6. Setiap bulan lakukan periksa urin untuk memonitor nefropati

Sebaiknya dilakukan konsultasi secara reguler pada ahli khusus untuk deteksi dini kemngkinan terjadinya komplikasi akibat diabetes. Lakukan jika DM sudah lebih dari 5 tahun.

cara-cepat-hamil-ahlikesehatan-680x80

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *