Cara Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

tips-memperbanyak-dan-meningkatkan-kualitas-sperma

Kesuburan seorang pria dapat ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kualitas dari sperma yang dimilikinya sendiri. Kualitas kesuburan seorang pria ini sangatlah penting, karena akan menentukan seberapa besar peluang maupun harapan untuk bisa memiliki keturunan.

Jumlah sperma yang banyak bukan merupakan satu-satunya jaminan untuk bisa membuahi sel telur. Karena tidak jarang orang memiliki sperma yang banyak tapi lemah, tidak berkualitas, bahkan mandul.

Demikian sebagaimana disampaikan oleh Prof. Dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAAC, seorang pakar Andrologi dan Seksologi.

Menurut Wimpie, ciri-ciri sperma yang normal secara kasat mata dapat ditandai dari beberapa hal. Diantaranya warna yang kelabu pucat, aroma yang khas (seperti bunga akasia), volumenya sekitar 2-4 ml. Ketika baru saja dikeluarkan tampak adanya gumpalan, kemudian dalam waktu beberapa menit akan berubah dan mencair.

Akan tetapi untuk bisa mengetahui kualitas dari sperma serta kuantitasnya, apakah tergolong sperma normal ataukah tidak normal. Perlu dilakukan pemeriksaan di bawah mikroskop. Dari hasil pemeriksaan itu baru dapat disimpulkan, apakah sperma yang dihasilkan atau kesuburan pria tersebut normal atau tidak normal, tambahnya.

Penyebab Jumlah Sperma Sedikit dan Berkualitas Rendah

Ada banyak faktor yang bisa menurunkan kualitas sperma laki-laki, diantaranya adalah:

  • Stres

Stres yang berlebihan bisa menyebabkan turunnya kualitas sperma seseorang. Selain kualitasnya yang rendah, stres yang berlebihan juga bisa mengurang kuantitas sperma itu sendiri.

  • Kelebihan berat badan

Ini juga salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kualitas dari sperma laki-laki.

  • Merokok

Merokok selain tidak baik untuk kesehatan juga bisa mempengaruhi kesuburan. Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa merusak atau bahkan membunuh sperma itu sendiri.

  • Mengkonsumsi Narkoba

Narkoba bisa merusak sel tubuh manusia. Bahkan bagi laki-laki akan berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi dalam tubuhnya, dan masih banyak lagi pengaruh buruk dari narkoba ini.

Tips Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma yang Rendah

Untuk meningkatkan kualitas sperma serta kesuburan pria, biasanya dokter akan menganjurkan untuk minum obat tertentu atau menjalani terapi-terapi khusus yang bermanfaat untuk memperbanyak dan meningkatkan kualitas sperma.

Salah satu herbal alami yang cukup efektif untuk memperbanyak serta meningkatkan kualitas sperma serta menambah kesuburan pria adalah Herbal Truson.

truson-cara-memperbanyak-sperma
Herbal Kesuburan Pria

Truson merupakan herbal alami yang telah teruji mampu memperbanyak sperma dan meningkatkan kualitas sperma. Truson juga bermanfaat untuk mengatasi sperma encer, mengobati oligospermia (oligozoopermia). Selain itu, Truson memiliki manfaat untuk mencegah ejakulasi dini dan impotensi (disfungsi ereksi).

Selengkapnya tentang Truson Anda bisa baca di link berikut: Truson, Herbal terbaik untuk kesuburan pria.

Selain menggunakan suplemen atau obat untuk meningkatkan kualitas sperma serta memperbanyak sperma, Anda juga bisa mencoba cara alami. Beberapa cara alami juga perlu dilakukan untuk memperbesar peluang mendapatkan seorang anak yang didambakan. Beberapa langkah ini juga merupakan usaha yang dapat membantu memperbaiki kualitas kesuburan seorang pria, diantaranya:

1. Redakan tingkat stres Anda

Hingga saat ini memang dokter belum mengetahui secara persis hubungan antara stres dan kualitas sperma. Mengapa stres yang berlebihan dapat mengurangi kualitas sperma dan jumlah dari sperma yang keluar. Akan tetapi dengan mempraktikkan teknik-teknik untuk meredakan stres seperti biofeedback atau relaksasi otot-otot progresif dapat membantu Anda serta memiliki manfaat.

Sebisa mungkin untuk berusaha agar gairah Anda memuncak. Karena seorang pria yang sangat terangsang ketika sedang berhubungan intim, akan mampu memancarkan semen lebih banyak. Selain itu juga akan menghasilkan sperma yang lebih kuat. Oleh karena itu, usahakan agar percumbuan atau foreplay Anda saat berhubungan intim dengan istri Anda, bisa berlangsung lebih lama. Setidaknya bisa Anda lakukan dalam waktu lebih dari 20 menit.

2. Perhatikan asupan vitamin C Anda

Kekurangan asupan vitamin C bisa menyebabkan sperma Anda jadi menggumpal. Kasus ini menjadi fakta yang ditemukan diantara semua pria yang mandul sebanyak 16 persen dari mereka kekurangan vitamin C. Selain itu, vitamin C yang dikonsumsi setiap hari ternyata berpengaruh untuk meningkatkan kesuburan pada sebagian besar pria perokok. Beberapa penelitian dan studi telah menunjukkan manfaat suplemen vitamin C ini.

Vitamin C ini merupakan antioksidan yang bisa membuat membran-membran sel tubuh menjadi stabil dan ini sangat bermanfaat bagi produksi sperma.

vitamin-C-meningkatkan-kualitas-sperma
Vitamin C

Perbanyak konsumsi buah-buahan seperti apel, jeruk, tomat, strawberi, mangga, semangka, melon. Selain itu sayuran seperti kecambah serta brokoli adalah diantara beberapa makanan yang kaya akan vitamin C.

3. Atur jadwal dalam berhubungan intim

Sebaiknya Anda menghindari melakukan hubungan intim pada dua hingga lima hari sebelum pasangan Anda mengalami ovulasi. Hal ini akan meningkatkan kematangan dan jumlah sperma. Sehingga persentase sperma matang dan sehat yang akan Anda pancarkan bisa lebih banyak.

4. Hindari olahraga yang berlebihan

Berdasarkan hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada para atlet lari di Amerika Serikat. Para  pelari yang berlatih lebih dari 90 kilometer per minggu mempunyai jumlah produksi sperma yang lebih rendah. Selain itu sel-sel sperma jadi kurang matang dibandingkan dengan pria yang berlari kurang dari 50 kilometer per minggu.

Orang yang melakukan olah raga secara berlebihan bisa mengurangi jumlah sperma mereka. Ini karena terjadinya peningkatan suhu pada sekitar testis selama kegiatan yang sangat mencurahkan tenaganya. Namun, beberapa jenis olah raga tidak akan mempengaruhi produksi sperma. Misalnya latihan aerobik yang takarannya sedang, berjalan cepat atau berenang yang dilakukan maksimal 3 kali seminggu.

5. Gunakan celana bokser

Mengganti celana dalam yang ketat dengan celana bokser atau celana kolor bisa juga berpengaruh positif untuk memperbanyak sperma Anda. Meski mungkin tidak begitu efektif sebagaimana yang diyakini oleh sebagian orang. Tetapi ini akan menjadikan testis Anda lebih sejuk sehingga akan mampu memproduksi sperma secara maksimal.

6. Perhatikan berat badan Anda

Menurunkan berat badan beberapa kilogram mungkin cukup efektif untuk meningkatkan kesuburan Anda, jika Anda kelebihan berat badan. Apabila berat badan Anda berlebih, maka jaringan lemak yang ada dalam tubuh Anda dapat membungkus testis. Hal ini akan menaikkan temperatur di sekitar testis dan membunuh sperma yang ada didalamnya.

7. Perhatikan suhu saat Anda mandi sauna

Duduk di bak mandi sauna, bisa juga mandi air hangat biasa yang terlalu lama tidak dianjurkan untuk Anda. Demikian juga dengan suhu air yang melebihi dari peratur tubuh Anda. Untuk periode yang terlalu lama dapat berpengaruh dan menurunkan produksi sperma Anda.

Oleh karena itu, jangan terlalu sering menghabiskan waktu bahkan lebih dari 15 menit sehari di bak air hangat. Demikian juga usahakan agar suhu air saat Anda mandi tidak lebih dari 36,5 derajat celcius.

8. Waspada terhadap antibiotika yang Anda konsumsi

Beberapa jenis obat antibiotik terbukti merpengaruh terhadap kualitas sperma. Antibiotik tersebut dapat menurunkan jumlah sperma dan kelincahan gerak sperma. Demikian juga kemampuan berenang sperma Anda, meskipun antibiotika tidak begitu berperan dalam menyebabkan kemandulan.

Beberapa antibiotika yang pengaruhnya cukup signifikan terhadap produksi dan kualitas sperma adalah seperti nitrofuran, contohnya macrolides, nitrofurazone dan eritromisin.

9. Hati-hati menggunakan pelumas waktu berhubungan intim

Bahan pelumas berupa jeli mungkin bisa membuat hubungan intim jadi lebih lancar. Tetapi bahan ini secara langsung dapat mengurangi kelincahan sperma Anda dalam berenang, belum lagi jika pelumas tersebut mengandung spermisida.

10. Mulailah usaha untuk berhenti merokok

Kebiasaan merokok, bisa menyebabkan peluang Anda untuk menjadi  seorang ayah ikut terbang bersama asap rokok yang Anda keluarkan.  Merokok mempunyai kaitan erat dengan kelincahan sperma dan menurunkan jumlah produksi sperma. Selain itu, dalam sebuah penelitian menemukan bahwa keguguran akan meningkat 64 persen apabila kedua pasangan suami-istri keduanya merokok. Bahkan ini juga bisa terjadi meskipun hanya suami saja yang merokok.

11. Batasi minum alkohol hindari nakoba

Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol berlebihan dapat menurunkan kualitas dan produksi sperma. Demikian juga pemakaian narkoba seperti mariyuana dan obat-obat terlarang lain. Dalam jangka panjang akan berakibat menurunnya kualitas sperma, jumlah sperma yang sehat dan tidak normalnya pola perkembangan sperma.

Selain mejalankan tips di atas, untuk mendapatkan sperma yang berkualitas dan banyak, Anda dianjurkan menkonsumsi obat penambah sperma yang alami. Salah satu obat herbal alami yang telah melaui uji klinis dan memiliki sertifikat dari BPOM RI adalah Truson.

Penjelasan selengkapnya tentang Truson bisa Anda pelajari dalam artikel kami Truson, Herbal terbaik untuk kesuburan pria.

jual-truson-herbal-penambah-kualitas-sperma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *